Kupas Tuntas Arti Domain dan Hosting

Domain dan Hosting merupakan hal tak terpisahkan dalam membangun sebuah website atau blog. Pada kesempatan kali ini, saya akan Kupas Tuntas tentang Domain dan Hosting.

Pengertian Domain


Kupas Tuntas Domain dan Hosting
Domain atau domain name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. (dikutip dari: wikipedia.org)

Domain adalah identitas Anda di belantara Internet. Ada 3 kriteria Domain

  1. Top Level Domain (TLD) : domain populer yang ada dunia. Contoh: .com, .org, .net, .info dll
  2. Second Level Domain : domain level 2. Sederhananya, google.com (google adalah second level domain, dan .com adlah TLD-nya)
  3. Lower Level Domain (subdomain) : Domain turunan. bisnisguecoy.blogspot.com (bisnisguecoy adalah subdomain, blogspot adalah SLD dan .com adlah TLD)

Top Level Domain sendiri masih dikelompokkan menjadi 2. TLD Global (gTLD) dan TLD berdasar negara (ccTLD)

Sedikit penjelasan mengenai beberapa TLD yang ada.

  • .COM (Commercial) untuk komersil
  • .NET (Network) untuk networking
  • .ORG (organization) untuk suatu organisasi
  • .GOV (government) untuk suatu lembaga pemerintahan
  • .EDU (education) untuk lembaga pendidikan
  • .US (United State) domain untuk wilayah US
  • .UK (United Kingdom) domain untuk wilayah UK
  • .ID (Indonesia) yang satu ini rencanya juga akan rilis untuk wilayah Indonesia

 Cara Mendapatkan Domain

Untuk mandapat domain TLD Anda harus mendaftar/membeli. Dan setiap jangka 1 tahun juga harus diperbaharui (bisa juga membeli dalam jangka waktu 3 atau 5 tahun seklaigus).
Dimana tempat mendaftar domain? Berikut beberapa tempat untuk mendaftar domain:
  • Godaddy.com
  • Namecheap.com
  • Name.com
  • Dynadot.com
  • Domain.com
  • Moniker.com
  • dll (lebih detail mengenai ini akan saya bahas di kesempatan lain)

 Pengertian Hosting


Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes hingga terabytes yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. (dikutip dari wikipedia.org)

Hosting tak ubahnya adalah komputer yang menyala 24 jam 7 hari seminggu nonstop. Hosting tersebut menyimpan semua data sebuah website. Jika seumpanya komputer itu mati, maka otomatis suatu web yang ngehost di hosting tersebut juga tidak bisa diakses.

Beberapa Jenis Hosting


  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.
  2. Virtual Privat Server (VPS) adalah server hosting yang digunakan secara pribadi. Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Dalam 1 server masih dimungkinkan digunakan oleh beberapa user.
  3. Dedicated Server adalah sebuah server yang benar-benar digunakan perorangan. 1 server 1 orang. Server ini adalah top level security hosting karena tidak ada intervensi dari pengguna lain. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki data-data penting atau website yang memiliki trafik puluhan ribu perhari
  4. Cloud Hosting adalah sebuah inovasi baru di dunia hosting. Saat ini sudah banyak penyedia layanan cloud hosting yang bahkan memberikan secara gratis.

Tempat Menyewa Hosting


Selain ada beberapa yang menyediakan hosting gratis (free hosting). Namun tentu saja akan lebih terjamin jika menggunakan paid hosting. Dimana tempat menyewa hosting ini? Berikut beberapa diantaranya:

  • Hostgator
  • Bluehost
  • Namecheap
  • dll (sesi ini jaga akan saya bahas lebih detail pada kesempatan lain)

Kalau boleh saya simpulkan dari penjelasan panjang diatas, domain dan hosting adalah kerangka utama dalam membangun sebuah website. Dimana domain adalah alamat website, dan Hosting adalah  tempat menyimpan semua berkas/file suatu website. Tanpa  ada salah satu diantaranya, maka sebuah blog tidak akan eksis. saya kira demikian, kalau ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Kupas Tuntas Arti Domain dan Hosting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anti karir
 

Top