Kupas Tuntas Arti Keyword atau Kata Kunci - BLOG BISNIS ONLINE

Kupas Tuntas Arti Keyword atau Kata Kunci

Kupas Tuntas Arti Keyword atau Kata Kunci

Keyword atau Kata Kunci adalah istilah yang sering muncul dalam artikel blog dengan tema Blogging, SEO atau Bisnis Online. Keyword sangat erat kaitanya dengan blogging dan SEO. Saya sendiri menyempatkan cukup waktu hanya untuk mengalisa sebuah keyword. Apa itu keyword, apa saja jenis jenis keyword dan penjelasannya akan kita bahas disini.

Apa yang dimaksud dengan Keyword atau Kata Kunci


Keyword atau kata kunci adalah kata atau frase yang terkait dengan topik utama blog dan yang akan ditempatkan (ditulis) di artikel. Tidak hanya sekali, biasanya sebuah keyword akan ditulis beberapa kali dalam satu post dan setiap postingan blog. Bahkan penempatan kata kunci dan seberapa sering kata kunci muncul dalam suatu artikel, akan menentukan nasib blog di mesin pencari.

Apa yang dimaksud dengan Keyword Density


Penempatan kata kunci dan seberapa sering suatu keyword muncul dalam suatu artikel adalah bagian yang sangat penting dalam upaya mengoptimalkan posting Anda di mesin pencari. Sebuah artikel selayaknya memiliki keyword density (kepadatan kata kunci - seberapa sering kata kunci itu muncul) yang baik agar menduduki ranking tinggi di mesin pencari. Di era SEO sekarang, keyword density yang dianjurkan hanyalah sekitar 1% saja. Atau kata kunci tersebut muncul 3 kali dalam sebuah artikel dengan 300 kata. Meski juga masih ada yang berpendapat bahwa density 3%-4% masih aman di mata mesin pencari. Namun dalam kenyataanya akan sangat sulit membuat artikel denga density diatas 3%, kecuali kalau hanya artikel spam.

Apa yang dimaksud dengan LSI


LSI atau Latent Semantic Indexing. Pengertian mudahnya menurut syaa begini, sebuah artikel yang mempunyai posisi bagus di mesin pencari berdasar suatu kata kunci dan kemudian mempunyai beberapa kata kunci yang masih ada hubungannya dengan kata kunci utama. Biasanya kata kunci turunan tersebut juga akan ikut terindeks di mesin pencari. Dan apabila keta kunci turunan tersebut juga kemudian mandapat rangking, maka hasilnya adalah semakin banyak pengunjung ke blog Anda. Jadi LSI adalah kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama. Bisa sinonim, kata turunan atau apapun yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

LSI Keyword

Contoh LSI


Gambar diatas saya kira cukup jelas menunjukkan contoh SLI.