Tutorial Memilih Produk Clickbank - BLOG BISNIS ONLINE

Tutorial Memilih Produk Clickbank

Tutorial Memilih Produk Clickbank

Clickbank memudahkan para affiliatenya yang akan memilih produk clickbank dengan hadirnya fitur Marketplace. Di marketplace, masing masing produk sudah terbagi dalam berbagai kategori yang tersusun rapi dari A-Z. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana memilih produk clickbank yang tepat untuk di promosikan. Berikut tutorial memilih produk clickbank untuk dipromosikan.

Langkah 1.
Tutorial Cara Memilih Produk Clickbank
Masuk dulu ke www.clickbank.com dan login menggunakan akun/id clickbank anda.

Langkah 2.
Klik tombol marketplace. Klik bagian kategori produk kemudian klik salah satu sub kategori produk agar produk yang kita cari untuk dipromosikan bisa terbagi lebih rinci lagi dan lihat produk-produk apa saja untuk dipromosikan.

Langkah 3.
Perhatikan keterangan dan data statistik yang berada di bawah masing-masing produk. Penting bagi para affiliate clickbank untuk mengetahui arti dari masing-masing  data statistik tersebut.

  • Avg $/sale : jumlah yang diberikan oleh vendor kepada affiliate untuk satu kali penjualan yang berhasil dilakukannya.
  • Initial $/sale : adalah jumlah rata-rata yang akan diterima oleh affiliate atas 1 kali penjualan produk tersebut.
  • Avg %/sale : prosentase (tingkat komisi) dari harga produk yang diberikan oleh vendor untuk affiliatenya dalam 1 kali penjualan.
  • Avg Rebill Total : jumlah ini akan ditampilkan jika vendor menawarkan produk penagihan berulang yaitu produk yang menerapkan system keanggotaan yang mana pembeli diharuskan menjadi anggota dan diterapkan tagihan secara berulang dari waktu ke waktu, contoh produk semacam ini misalnya kursus online.
  • Avg %/rebill : besarnya prosentase komisi yang diberikan oleh vendor kepada affiliate atas setiap pembayaran tagihan berulang. Besarnya prosentase ini tidak sama dengan Avg %/sale dan diterapkan hanya pada produk dengan system rebill.
  • Grav : kependekan dari Gravity, yaitu jumlah/banyaknya affiliate yang mempromosikan produk tersebut dalam 8 minggu terakhir. Jumlah ini dapat memberikan gambaran tentang produk apa yang sedang ‘hot’ dan sedang banyak dipromosikan oleh para affiliate saat ini. Namun gravity yang tinggi juga menunjukan akan banyaknya persaingan dalam mempromosikan produk ini.
  • % refd : prosentase jumlah penjualan produk yang berhasil dilakukan/melalui link para affiliate clickbank dari total seluruh penjualan yang terjadi pada produk tersebut.


Setelah anda memilih produk untuk dipromosikan lalu klik tombol "promote" pada produk pilihan anda. Kemudian akan muncul pop-up. Masukkan nickname anda pada kolom ‘clickbank nickname’. Kolom ‘Tracking ID’ bisa anda isi dengan id pilihan anda sendiri atau dikosongkan saja. Setelah itu klik  ‘Create’ dan muncullah Link Affiliasi dari produk clickbank yang akan dipasarkan.

Langkah-langkah Tutorial Memilih Produk Clickbank diatas cuma menjelaskan cara memilih produk saja. Untuk teknik memilih produk clickbank yang baik dan menguntungkan dari sudut pandang Affiliate Marketing Clickbank akan kita bahas lagi lain kali. Selamat meencoba dan sukses selalu dengan Bisnis Online Anda!